Apakah tidak siap menikah sama dengan Gamophobia? Fenomena Gamophobia dalam Psikologi

Pendahuluan 

Kali ini Bumi Psikologi akan memuat artikel mengenai fenomena gamophobia dalam psikologi. Bagi kamu yang konsen dalam ranah perdoian atau fenoemana psikologi, istilah gamophobia mungkin menjadi tidak asing lagi. Istilah yang merujuk pada tidak mampunya atau ketakutan seseorang untuk membuat komitmen terutama untuk menikah. Rasa takut yang biasanya muncul karena rasa khawatir terhadap sesuatu atau karena pengalaman di masa lalu. 

Baca juga: Mengambil Keputusan dan Mengumbar Janji Saat Emosional? Ya Cobain Aja – Fenomena Hot Cold Empathy Gap 

Secara singkatnya, kamu cuman ingin kayak gini saja hubungannya sama doi, pas ditanya kesanggupan menjadi pasangan sejatinya malah buat banyak alasan belum mampu, hilih. Kira-kira sih begitu. So, mana suaranya ini orang yang tidak bertanggung jawab dan suka ghosting juga terhadap teman yang lebih dari teman? Suruh baca fenomena gamophobia dalam psikologi aja. 

Yuk langsung baca dan bagiin juga artikel apakah tidak siap menikah sama dengan gamophobia? Fenomena gamophobia dalam psikologi

Apakah tidak siap menikah sama dengan Gamophobia? Fenomena Gamophobia dalam Psikologi

Sebuah Fenomena Gamophobia

fenomena gamophobia dalam psikologi. Penjelasan gamophobia dalam psikologi. Cara mengatasi gamophobia dalam psikologi. Apa itu gamophobia.
Bumi Psikologi -fenomena Gamophobia dalam psikologi. Sumber: Unsplash.com

Salah satu kegalauan orang yang sedang dalam fase quarter life crisis adalah soal tindak lanjut komitmen dengan doi. Bagaimana tidak, selama kuliah sudah menjalin relasi begitu dekat, sudah terhubung dengan keluarga masing-masing bahkan sudah main dan saling berkunjung ke rumah doi. Pertanyaan selanjutnya pun muncul, seperti lirik dalam lagu Armada “mau dibawa ke mana hubungan kita???” 

Mahasiswa yang baru saja menyandang sarjana pun sontak terperangah. Biasa membaca buku filsafat, buku berbau pemikiran dan pergerakan, diminta untuk menghadapi realitas kehidupan. Buku ternak lele pun belum sempat dilahap, sudah diajak mengarungi bahtera rumah tangga. Yaa tidak jadi nernak lele kalau begitu. (keluhan orang yang tidak punya privilege). Sudah bisa ditebak dong jawabannya, tidak siap. Iya belum siap maksudnya haha. 

Menjadi pertanyaan adalah apakah ketidak siapan itu menggambarkan bahwa dia merasa takut untuk membuat komitmen serta takut mengikat diri dalam ikatan pernikahan/ istilah dalam psikologi mengalami Gamophobia??? Mari kita cari tahu apa itu Gamophoiba dalam ilmu psikologi. 

Baca juga: Memahami Cinta Qois untuk Layla dengan Teori The Art of Loving dari Erich Fromm – Makna Cinta dalam Psikologi 

Istilah Gamophobia sendiri tersusun dari dua kata gamos berarti pernikahan dan phobos berarti ketakutan. Gamophobia berarti ketakutan akan komitmen pernikahan yang berlebihan, terus-menerus, tidak terkendali, dan tidak rasional. Dengan demikian, banyak ahli mengatakan ada perbedaan yang halus antara ketakutan komitmen dan ketakutan akan pernikahan. Seseorang mungkin takut untuk menikah tetapi dia mungkin masih berkomitmen untuk menjadi satu pasangan seumur hidup. 

Seperti kebanyakan phobia lainnya, Gamophobia sendiri disebabkan oleh pengalaman negatif yang intens yang menimpanya dimasa lalu. Hal itu membuatnya trauma sehingga dalam pikirannya sudah terbentuk gambaran negatif soal pernikahan. Termasuk, faktor seperti keturunan, genetika, ketidakcukupan adrenalin, memiliki kecenderungan serangan kecemasan (anxiety attacks) juga dapat menyebabkan ketakutan sehingga rentan mengalami Gamophobia. 

Gejala Gamophobia 

Seseorang yang sedang mengalami Gamophobia akan menunjukkan banyak gelaja meliputi gejala psikologis dan emosional. Gejala psikologis meliputi perasaan takut saat memikirkan pernikahan, berusaha keras untuk menghindari topik pernikahan,  mengetahui ketakutan semacam itu tidak rasional akan tetapi tidak berdaya untuk mengendalikannya, dan pikiran yang benar-benar buruk. Adapun gejala fisik meliputi mual, menangis, denyut jantung cepat nyeri dada, pusing, pingsan berkeringat, dan sesak napas. 

Mangatasi Gamophobia 

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Gamophobia adalah talk therapy, hypnotherapy, behavior therapy dan systematic exposure therapy. Pada talk therapy, seseorang yang mengalami Gamophobia, mereka membicarakan tentang ketakutannya dan  kerumitan yang mereka rasakan soal pernikahan kepada orang yang mereka percayai. Mulai dari keluarga, teman hingga professional. Bergantung pada tingkatan ketakutan yang terasa. Hypnotherapy juga berguna untuk melacak dan menghilangkan respon negatif terhadap pernikahan. Pun, behavior therapy dan systematic exposure therapy bisa menjadi terapi yang efektif untuk mengatasi phobia.

Nahh… dari penjelasan mengenai sebab dan gejala-gejala yang muncul saat seseorang mengalai Gamophobia di atas, memberikan khazanah bahwa tidak lantas orang yang menjawab “belum siap menikah” itu sedang mengalami Gamophobia. Termasuk orang yang sedang dalam fase quarter life crisis dan dimintai komitmen untuk menikah dan menjawab “belum siap”. Mereka hanya butuh waktu untuk persiapan, melanjutkan pendidikan, mengejar karier atau mungkin untuk ternak lele. #bercandaternaklele 

Sumber: 

https://www.fearof.net/fear-of-commitment-phobia-gamophobia/

Penutup 

Oke deh sampe sini saja artikel fenomena gamophobia dalam psikologi nya. Kalau doi sudah ditanya mau sanggup sampe mana dan masih banyak alasan, mending kamu pikirin ulang lagi deh, jangan-jangan~. Jangan lupa bagiin artikel ini juga ke teman kamu yang lainnya, biar segera langsung menikah. 

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang bersifat membangun blog ini atau mau mengirimkan artikel bisa mengirimkannya ke admin@bumipsikologi.com atau ke menu submit artikel 

Kata kunci: fenomena gamophobia dalam psikologi. Penjelasan gamophobia dalam psikologi. Cara mengatasi gamophobia dalam psikologi. Apa itu gamophobia. 

Muhammad Nurrifqi Fuadi

Kunjungi: http://mnurrifqifuadi1001.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: