McD BTS Meal: Fenomena Scarcity Effect dalam Psikologi

Pendahuluan

Kali ini Bumi Psikologi akan memuat artikel mengenai fenomena scarcity effect dalam psikologi. Bagi kamu yang mengikuti perkembangan dunia zaman ini tentu melihat keriuhan ketika Makuudonarudo menjual betees meal. Mungkin bagi fans betees merasa perlu untuk beli apapun produk yang berkaitan dengan idolanya. Namun, bagi mereka yang tidak ada kaitan dengan itu, melihat fenomena tersebut bisa jadi cuan juga hehe.

Baik kamu yang penggemar doi doi korea baik utara atau selatan ya silahkan aja, atau kamu yang penggemar korea barat juga ya silahkan mau beli atau tidak. Cuman ya antri dan jangan lupa bayar hehe. Tapi ngomong-ngomong, pas membludaknya rangorang tentu barang menjadi langka karena ludes langsung. Tau ga sih ternyata kelangkaan akan menimbulkan beberapa fenomena psikologis? Baca skuy fenomena scarcity effect dalam psikologi di sini.

Yuk langsung saja baca dan bagiin artikel McD BTS Meal: Fenomena Scarcity Effect dalam Psikologi.

McD BTS Meal : FENOMENA SCARCITY EFFECT DALAM PSIKOLOGI

(mungkin merugikan perusahaan, dalam 24 Jam tulisan ini akan hilang!!!!!)

Easy things nobody wants, but what is forbidden is tempting

(The Roman poet Ovid, 1957)

Di awal tulisan ini, kami ingin menyapa terlebih dahulu kepada para penggemar BTS yaitu para ARMY. Serentak “AAAAAAAAAAAAAAAAAAA, Kim Namjoon! Kim Seokjin! Min Yoongi! Jung Hoseok! Park Jimin! Kim Taehyung! Jeon Jungkook! BTS!

Beberapa hari ke belakang keriuhan terdengan saat peluncuran BTS meal di berbagai negara. Tidak ketinggalan dengan Indonesia, Malaysia dan Singapura. Melihat jadwal, kehadiran BTS Meal di Indonesia terjadwal pada 9 Juni 2021 lalu. Oleh karenanya, kehadirannya menuai antrean panjang di berbagai gerai McD di Indonesia.

Tujuannya hanya satu, ingin merasakan menu spesial McD BTS Meal yang mana secara isi sebenarnya tidak jauh berbeda.  Terdapat Chicken McNugget, saus Cajun  dan Sweet Chili, Medium Fries, lengkap dengan Cola. Mungkin packaging-nya yang terlihat spesial, bungkus BTS Meal bernuansa ungu seperti BTS sangat konten-able.

Dalam hal ini, McD sebagai perusahan tua berhasil menggait BTS untuk berkolaborasi sehingga membentuk prodak BTS Meal. McD berhasil nge-rejuvenate kembali prodaknya dengan hadirnya BTS sebagai patner para milenial bernama ARMY.

Lalu di samping nama besar McD dan BTS, apa yang kemudian menyebabkan produk ini diterima oleh setiap individu? Khususnya para ARMY?

Baca juga: Lu Jual Gue Beli, Lu Tawar Gue Kasih Promo – Penjelasan Illusion of Control dalam Transaksi Jual Beli

Dalam psikologi marketing, phenomena di atas bisa kita lihat menggunakan kaca mata Scarcity Effect (efek dari kelangkaan). Scarcity effect berarti sebagai kecenderungan psikologis yang membuat pilihan yang lebih langka memiliki nilai yang lebih besar ketimbang pilihan yang berlimpah ruah.

Hal ini terjadi karena melakukan pembatasan terhadap ketersediaan sebuah komoditi. Siapa saja yang memiliki komoditi terbatas tersebut akan dianggap paling beruntung dan keren. Secara tidak sadar otak seseorang pun mengasosiasikan scarcity sebagai sesuatu yang positif, mewah dan eksklusif.

Tahukah Anda ibu kita akan berbelanja, memaksakan diri pergi ke pasar salah satunya alasannya adalah stok di dapur yang sudah menipis atau sudah tidak ada (product scarcity). Kemudian saat pilihan buah-buahan dan sayuran terbatas (product scarcity), seorang ibu akan merasa lega karena memiliki cukup uang untuk menutupi kebutuhannya (resource scarcity).

Baca juga: Ikut-Ikutan Tren Bukti Millennial Tidak Mau Disebut Ndeso – Penjelasan Bandwagon Effect dalam Psikologi

Kelangkaan dua macam itu sama-sama dapat membentuk cara pengambilan keputusan seseorang. Itu dilakukan dengan mempengaruhi bagaiamana konsumen memproses informasi, mengevaluasi alternatif, membuat pilihan dan mengkonsumsi. 

Saat Anda merasa takut kehilangan seseorang karena ia dianggap satu-satunya (scarcity), tidak ada yang lain, maka kamu akan menganggap seseorang itu lebih bernilai dan berharga. Betul nggak? HaHa… Begitu pun kasus BTS Meal, McD berhasil membuat kelangkaan sehingga BTS Meal terlihat lebih bernilai.

Ini terlihat dari pembatasan produk dan waktu pemesanan. Design pembatasan produk dan waktu yang dilakukan secara berbarengan menghasilkan efek scarcity. Oleh karena itu, khususnya para ARMY, secara psikologis merasa terpicu untuk segera memiliki produk langka BTS Meal tersebut.

Begitupun judul tulisan di atas mungkin salah satu yang menjadi alasan Anda membaca artikel ini. Kalau benar demikian, artinya judul tulisan dengan ada embel-embel batasan waktu ini berhasil memicu psikologis Anda untuk cepat-cepat membaca sebelum hilang. 


Penulis

Muhammad Nurrifqi Fuadi

Minggu, 20 Juni 2021

Penutup

Sebagai penutup ya sekian aja sih untuk artikel fenomena scarcity effect dalam psikologi, makasih udah niat baca sampe sini. Kalau boleh minta bagiin juga ke teman BTS kamu yang lain supaya pada baca juga dan agar kami tetap berkembang kayak BTS. Makasih.

Bagi kamu yang memiliki kritik atau saran yang bersifat membangun blog ini atau mau mengirimkan artikel bisa mengirimkannya ke admin@bumipsikologi.com atau ke menu subemit artikel.

Kata kunci: fenomena scarcity effect dalam psikologi. Fenomena BTS Meal MCD dalam psikologi. Penjelasan BTS Meal dalam psikologi.

Lebih suka melihat langit biru di antara pepohonan yang hijau. Kunjungi: https://arifkeisuke.com
%d blogger menyukai ini: