Aduh Besok Udah Hari Senin Aja – Kenapa hari senin identik dengan menyebalkan? – Penjelasan Monday Blues

Redaktur

2 Jan, 2023

Bumipsikologi.com – Hari senin seperti virus oleh kebanyakan orang, baik mereka yang bekerja, sekolah, kuliah atau apa pun. Sambatan kenapa sudah hari senin aja menguat ketika masuk minggu sore. Kenapa sih orang sambat ketika menjelang hari senin? Simak yuk penjelasan monday blues.

Aduh Besok Udah Hari Senin Aja – Kenapa hari senin identik dengan menyebalkan?

Apakah kamu pernah atau bahkan sering merasa cemas ketika akan menghadapi hari Senin? Apa yang menyebabkan hari Senin terasa begitu menakutkan? Yuk, simak penjelasan artikel berikut!

Pada umumnya hari Senin adalah hari di mana biasanya kita akan kembali pada kegiatan produktivitas setelah melewati weekend. Namun, kerap kali perasaan emosi negatif muncul ketika kita hendak beralih dari akhir pekan yang dianggap menyenangkan, menuju ke hari kerja yang dianggap membosankan dan melelahkan. Perasaan itu kemudian membuat orang membenci hari senin.

Ketakutan kembali pada produktivitas ini seringkali dirasakan oleh para pekerja dan para siswa, karena mereka mau tidak mau harus kembali menghadapi tanggung jawab yang mereka miliki. Kecemasan menghadapi hari senin, seringkali disebut sebagai Monday blues.

Lalu Makhluk apa itu Monday blues?

Melansir dari artikel Glints, Monday Blues adalah munculnya emosi negatif yang dirasakan oleh seseorang menuju awal pekan. Perasaan emosi negatif ini sering muncul dalam bentuk sensasi lesu, tegang, sedih atau tidak bersemangat, yang hal ini dijelaskan oleh laman Health line.

Meski terdengar tidak terlalu penting, namun nyatanya Monday Blues bisa berpengaruh kepada hasil kerja kita yang nantinya menghasilkan hasil yang tidak maksimal dikarenakan adanya penurunan produktivitas kerja loh! Hal seperti ini sungguh sangat mengganggu siapapun yang mengalaminya, karena bisa menyebabkan kita dimarahi sama si bos di kantor atau guru kita di sekolah.

Kenapa Monday blues bisa terjadi?

Balik ke hari produktif memang akan membuat perubahan mood yang cukup signifikan. Hal ini dilansir dari wolipop detik secara psikologis, yang mengatakan bahwa penyebabnya karena adanya perubahan siklus tubuh yang berbeda di dua hari di akhir pekan dan di awal hari kerja.

Baca juga: Memangnya Kenapa Kalau Asnawi Misuh-Misuh? – Fenomena Hawthorne Effect dalam Psikologi

Hal lain juga sejalan dengan perkataan psikolog Sanam Hafeez menurutnya di akhir pekan otak kita mampu lebih rileks dari hari-hari biasanya karena tidak perlu memikirkan tugas atau pekerjaan oleh atasan. Dan begitu hari Senin datang, mereka harus memasang mode “kerja” atau mempersiapkan diri dan mental untuk menghadapi kembali hal tersebut.

Lantas bagaimana cara menghadapi Monday blues?

Setelah mengetahui apa arti dari rasa cemas di hari Senin, banyak dari kita bertanya bagaimana cara menanggulangi perasaan tersebut agar kita bisa tetap fokus dan semangat menjalani awal minggu. Berikut ada 5 cara yang rangkumannya dari sumber Alodoc mengenai cara membantu, mencegah, dan mengatasi Monday Blues yang sering kita alami. Yuk simak!

1. Lakukan perawatan diri di akhir pekan

Memanjakan diri dengan melakukan perawatan di akhir pekan ternyata bisa mengatasi Monday Blues loh! Hal ini karena mood kita dapat meningkat serta pikiran dan tubuh kita dapat rileks jika melakukan me time. Kamu pun jauh lebih siap menghadapi hari senin di banding biasanya.

2. Batasi diri dengan pekerjaan di akhir pekan

Kamu bisa mulai dengan membatasi diri mu untuk tidak melakukan suatu pekerjaan di akhir pekan. Gunakan waktu pekan mu untuk beristirahat dari sebuah pekerjaan, karena hal ini bisa membuat mu kelelahan dan membuat energi mu terkuras di hari senin.

Jika tidak memungkinkan, kamu bisa menggunakan 1-2 jam awal mu untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Selain itu kamu juga bisa menggunakan waktu ini untuk melakukan pekerjaan lebih awal, sehingga pekerjaan mu di hari senin tidak terlalu berat.

3. Tetapkan jadwal hari senin dengan baik

Bila memungkinkan, jauhi menaruh semua tugas atau pekerjaan dan jadwal rapat di hari senin ya. Karena hal ini dapat mencegah menumpuknya tugas dan rasa khawatir di akhir pekan.

4. Buat jurnal untuk mengatasi stress

Buatlah jurnal untuk mengatasi rasa stres-mu, tuliskan emosi yang kamu rasakan tentang cemas, takut, gugup, atau emosi lainnya.

Carilah penyebab apa yang membuat mu merasakan emosi tersebut, tugas yang terlalu menumpuk atau lingkungan sekolah atau kantor yang tidak mendukung? Lalu, setelah menemukan jawaban kamu bisa memaparkannya dan segera mencari solusi untuk permasalahan tersebut.

Fyi, menulis jurnal juga baik untuk Kesehatan mental loh!

5. Terapkan pola hidup sehat

Cara yang terakhir adalah pola hidup sehat. Selain tetap menjaga pola keseimbangan tubuh, menerapkan pola hidup sehat juga dapat mengatasi Monday blues. Pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat setiap harinya, minum air putih 2 liter sehari, dan memiliki jam tidur yang cukup sekitar 7-6 jam.

Nah itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui mengenai Monday blues, dan cara mengatasinya dengan berusaha menyambut hari Senin yang baik. Jika setelah melakukan cara di atas kamu masih mengalami Monday blues sampai mengganggu aktivitas mu. Sebaiknya konsultasikan kepada psikolog atau psikiater untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Penutup

So, jadi kamu sudah tau kenapa sih banyak orang sambat ketika mulai masuk menuju malam senin. Sekarang sudah paham kan penjelasan monday blues itu seperti apa, semoga ga sampe doain temen semoga hari mu senin terus hehe.

Penulis: Arnetta

Keterangan: Artikel ini merupakan kiriman dari redaktur bebas. Bagi kamu yang memiliki artikel untuk dibagikan kepada para pembaca melalui kanal kami, kamu bisa kirim ke lama ini ya, Masukan dan Submit Artikel atau ke email kami di bumipsikologi@gmail.com

Kanal kiriman artikel dari pembaca dan seluruh manusia tercinta.