Pentingnya Sabar dalam Mengatasi Kesehatan Mental

Redaktur

15 Jan, 2023

Sabar untuk sehat mental

Bumipsikologi.com – Bersabarlah kamu akan sehat mental wahai makhluk yang berpikir! Sabar untuk sehat mental.

Sabar merupakan suatu perkataan yang mudah untuk diucapkan namun berat buat dilaksanakan, namun sabar merupakan suatu keharusan dalam melaksanakan kehidupan mengingat beratnya tanggung jawab yang wajib ditunaikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengendalian emosi yang normal ialah bentuk dari kesabaran yang dimiliki oleh seorang, sebab kesabaran hendak membawa seorang lebih bijaksana serta lebih hati- hati dalam berperan serta berbuat.

Oleh karena itu kesabaran yang besar dalam mengalami bermacam permasalahan kehidupan ialah karakter penting untuk mencapai kesuksesan serta mewujudkan cita- cita luhur setiap orang dalam kehidupan dunia serta akhirat.

Kesehatan Mental

Kesehatan mental ialah keadaan di mana mental seorang dapat berperan serta tumbuh secara optimal dalam bermacam suasana serta keadaan. Baik dalam keadaan yang cocok dengan kemauan ataupun keadaan yang tidak cocok dengan kemauan. Mental yang kokoh hendak membantu setiap individu untuk menyesuaikan diri dalam interaksi antar individu dengan individu dan antara individu dengan lingkungan masyarakat. Mental yang sehat hendak melahirkan individu yang sehat dan dinamis. Pribadi yang sehat dan dinamis ialah kunci kesuksesan setiap individu dalam interaksi antara sesama manusia dalam lingkungan sosialnya.

Sabar Sebagai Terapi Kesehatan Mental

Berkaitan dengan kesehatan mental, kesabaran memiliki beberapa arti. Sabar dalam menghadapi malapetaka, sabar dalam peperangan, sabar dalam menahan amarah, sabar dalam bencana, sabar dalam menerima dan sebagainya.

Sehubungan dengan kesehatan mental, kesabaran setiap individu menunjukkan perilaku positif dalam kehidupan sehari-hari. Di antara perilaku positif yang lahir dengan kesabaran dan berdampak baik terhadap kesehatan mental adalah sebagai berikut:

a. Pengendalian diri

Pengendalian diri merupakan salah satu konsep sabar perspektif psikologis, seseorang akan berusaha berdiri sedemikian rupa untuk mempertahankan kebaikannya. Seseorang yang memiliki pengendalian diri yang baik akan selalu melakukan refleksi diri dalam setiap perilaku dan tindakan yang dilakukannya.

b. Menerima kenyataan

Orang yang memiliki sikap sabar dalam diri lebih mudahnya memiliki fakta kehidupan, apalagi realitas berbanding terbalik dengan ekspektasi, seseorang akan mengalami respons duka atau bahkan putus asa. Kesabaran adalah solusi terbaik untuk menghadapi masalah seperti itu, walaupun tidak mudah menerima situasi dan kondisi yang dapat mengganggu kedamaian Anda.

Selain itu, Kesabaran juga akan memberikan kemampuan untuk bertahan dalam situasi sulit. Ketika seseorang mengalami kesulitan, dengan sabar akan lebih bisa menerima kenyataan , bisa berusaha dan bisa bertahan dari berbagai cobaan dan cobaan hidup

c. Berpikir tenang dan hati-hati

Apa pun situasi yang Anda hadapi, bagaimanapun sulit situasinya, Anda akan selalu mendapatkan hasil terbaik selama Anda mampu berpikir jernih dan berhati-hati dalam mengambil tindakan. Dengan sikap ini, akan lebih mudah bagi seseorang untuk bersikap positif terhadap berbagai persoalan dan tidak menarik kesimpulan negatif.

d. Teguh pendirian dan tidak mudah putus asa

Kesabaran juga akan menimbulkan ketekunan dan tidak mudah putus asa. Ketekunan mengandung makna perilaku seorang pekerja keras dan berusaha untuk tidak mudah menyerah. Jika Anda mendapatkan ujian atau cobaan, Anda dengan cepat kembali bangkit dari keterpurukan.

e. Mengendalikan emosi

Kesabaran juga akan membuat seseorang mampu mengendalikan emosi dengan baik. Emosi yang stabil akan membuatnya lebih nyaman dalam beraktivitas. Produktivitas mereka juga akan terjaga karena emosi mereka harus stabil, sehingga individu akan dengan mudah menghasilkan berbagai karya dalam keadaan emosi yang stabil.

Kesimpulan

Dengan demikian, kesabaran sebagai terapi kesehatan mengandung arti bahwa kesabaran akan mengantarkan seseorang menjadi pribadi yang sempurna dalam perilaku dan perbuatan. Jadi salah satu cara untuk mendapatkan pola pikir yang sehat adalah selalu berlatih dan meningkatkan kesabaran.

Referensi: Ernadewita, E., Rosdialena, R., & Deswita, Y. (2019). Sabar sebagai Terapi Kesehatan Mental. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 2(2). Link artikel

Penutup

Jadi sabar itu penting ya gaes buat kamu yang ingin sehat mental.

Penulis: Lina Restiana

  • linarestianaa@gmail.com
  • Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Keterangan: Artikel ini merupakan kiriman dari redaktur bebas. Bagi kamu yang memiliki artikel untuk dibagikan kepada para pembaca melalui kanal kami, kamu bisa kirim ke lama ini ya, Masukan dan Submit Artikel atau ke email kami di bumipsikologi@gmail.com

Kanal kiriman artikel dari pembaca dan seluruh manusia tercinta.